Gerakan Bauhaus terkenal dengan konsep fungsional yang mencetuskan konsep-konsep seni terapan. Para seniman zaman dahulu menggunakan warna sebagai naluri keindahan.
Pada zaman Yunani Kuno, Pythagoras dan Plato Aristoteles mengeluarkan 2 golongan warna yaitu warna terang dan warna gelap. Leonardo Da Vinci mengeluarkan warna putih, dia setuju warna kuning di campur dengan biru menjadi hijau sehingga tidak ada patokan.
Pada tahun 1680, Sir Isaac Newton mengeluarkan lingkaran warna. Pada tahun 1642-727 SM, dia tertarik akan teori warna dan cahaya lalu dia juga mengeluarkan warna campuran hitam dan putih menjadi abu-abu.
Zaman itu warna di percaya campuran dari terang dan gelap. Pada zaman lampau warna sebagai kaidah agama sedangkan pada masa kini warna sebagai luapan emosi pribadi.
Tradisional warna
Sejarah seni barat, simbol kekristenan banyak menggunakan warna sebagai berikut:
-warna putih (albus) seperti yang ada di festival atau hari natal
-warna merah (euder) melambangkan darah atau seperti yang ad di martir
-warna hijau (viridis) melambangkan kehidupan
-warna hitam melambangkan Good Friday atau unsur yang ada dalam penguburan
Pada tradisi Islam, warna dibayangkan sebagai metaphisis antara gelap dan terang yang berhubungan dengan membentuk alam semesta. Angka 7 di anggap sebagai pusat konstruksi warna.
warna putih di anggap simbol matahari, warna hitam di anggap simbol ketuhanan dan sandalwood di anggap simbol natural netral. Ada beberapa warna lain, sbb:
-warna hijau mewakili air
-warna kuning mewakili udara
-warna bumi mewakili bumi
-warna merah mewakili api
Dapatkah warna menstimulasi kita bukan hanya melalui asosiasi yang tepat, tetapi sesuatu hal yang di tujukan ke otak kita. Untuk dapat mengerti menggunakan warna secara efektif, kita perlu tahu bagaimana cara kerja warna.
Akhir abad ke-17 banyak ilmuwan bereksperimen dengan bangunan prisma, secara garis besar prisma "mewarnai" sebuah cahaya sehingga dapat di hitung warna pelangi.
Pada tahun 1864, James Clerk Maxwell menyebut cahaya adalah elektromagnetik natural yang melambat sedangkan menurut Newton berasumsi bahwa cahaya terdiri dari partikel atau Corpiscles. Seorang fisikawan bernama Heinrich Hertz (1857-1894) menemukan gelombang radio dan Wilhelm Rontagen (1845-1923) orang yang menemukan sinar X-ray bisa di sebut juga radiasi rontgen. Menurut pemikiran ilmuwan bahwa cahaya tidak terlihat atau tidak dapat merambat.
The Trichormatic Theory
Pada awal abad ke-19, seorang ilmuwan dari Inggris yang bernama Thomas Young (1773-1829) mendalilkan bahwa mata harus berisi sel yang peka rangsangan tersusun dari partikel unsur yang bergerak dengan panjang gelombang cahaya. Kombinasi warna dari teori Young adalah trichormatic yang mengidentifikasikan Red, Yellow, Blue, warna Blue terakhir di ubah menjadi Green. Teori ini dilanjutkan oleh ilmuwan dari Jerman bernama Herman von Helmholtz (1821-1894).
Warna cahaya adalah warna adiktif yang digabungkan menghasilkan warna putih, sedangkan warna subtraktif jika digabungkan menghasilkan warna hitam.
Efek McCollough menggunakan sistem vertikal dan horizontal, garis hitam dan warna primer (Red, Yellow, Blue). Seorang ilmuwan dari Perancis bernama Michael Chevreul menjelaskan tentang ilusi optik adalah afterimaging di mana warna yang lebih terang diletakkan di dalam warna yang lebih gelap, jadi efek yang terjadi itu di sebut succestive contrast.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar